Bab I Pendahulan

1.1 Latar Belakang

Pengguna internet di Indonesia adalah salah satu paling banyak di dunia dan terus berkembang. Pada data yang dirilis we are social pada januari 2016 terhitung pengguna internet di indonesia berjumlah 88.1 Juta pengguna dengan total populasi indonesia 259,1 juta. Mengalami pertumbuhan sekitar 15% dari tahun sebelumnya. Kemudian youtube mengklaim bahwa hampir sepertiga dari semua pengguna internet di dunia dan Pertumbuhan waktu tonton di YouTube semakin cepat dan naik minimal 50% dari tahun ke tahun selama tiga tahun berturut-turut. Jadi jelas youtube adalah media yang tidak bisa diremehkan pengaruhnya terhadap masyarakat indonesia. Dan dari banyaknya konten yang disediakan oleh pengguna youtube, salah satu konten nya adalah Vlog. Vlog adalah suatu video dimana seorang pengguna youtube (yang biasanya sudah terkenal) mendokumentasi kan kehidupan atau kegiatan dan membahas beberapa opini yang disajikan secara interaktif.
Vlog dengan penonton terbanyak di youtube sudah mencapai 14 juta lebih dan di Vlog dari indonesia sudah mencapai 600 ribu lebih. Maka fenomena Vlog yang cukup viral ini bisa dimanfaatkan sebagai momen untuk memuat konten positif secara menarik dan menghibur.

1.2 Rumusan Masalah

Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam tulisan ini yaitu:
1. Bagaimana Vlog bisa menjadi alternatif hiburan?
2. Bagaimana Vlog bisa menjadi alternatif pengetahuan?
3. Bagaimana perkembangan Vlog di indonesia?

1.3 Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan karya tulis sederhana berjudul "Vlog Sebagai alternatif hiburan dan pengetahuan di Indonesia" ini adalah untuk memberikan sudut pandang dan informasi mengenai perkembangan Vlog di indonesisa terlebih dalam hal alternatif hiburan dan pengetahuan di masyarakat indonesai agar masyarakat indonesia dapat menikmati konten yang berkualitas dan menghibur secara bersamaan .

1.4 Metode Penulisan

Karya Tulis Ilmiah ini ditulis menggunakan metode studi literatur
dengan mengambil informasi dari sebahagian bahan bacaan di situs
internet. Bahan tersebut diolah guna memperoleh informasi yang dapat
menganalisis masalah dan memperoleh penyelesaiannya.

Bab II Isi dan Pembahasan 

1.1 Identifikasi Masalah 

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, bahwa pengguna Internet di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun khususnya yang mengakses youtube. Tentunya semakin besar kuantitas maka kualitas pun kemungkinan akan berkurang. Bukan hanya dari hal youtube, bahkan dalam hal apapun pasti ada oknum yang menyalahgunakan perkembangan zaman. 
Bukan hanya dalam hal penyalah gunaan namun dalam hal kualitas konten juga. Semakin banyaknya youtuber yang membuat konten yang menyalahi aturan dan ketentuan youtube. Dari mulai video yang mengandung terlalu banyak kekerasa, konten yang mempromosikan kekerasan atau kebencian terhadap suatu kelompok terntentu, Konten seksual yang tidak memenuhi aturan usia minimal, konten yang mengandung aksi berbahaya, Konten yang mempermalukan, konten yang meniru, mengandung gambar yang sadis atau kejam, konten yang mengandum spam dan yang lainnya. Dan beberapa pelanggaran tersebut pun terkadang ada pada konten vlog. 

Bukan hanya dalam hal pelanggaran, beberapa konten di youtube pun hanya mementingkan viewers tanpa memperdulikan konten video nya. semakin banyak juga yang hanya membuat konten video hanya untuk mengikuti perkembangan tanpa membuat konten yang berkualitas dalam hal menghibur maupun mendidik. 

Namun untuk membuat konten yang berkualitas harus memiliki periapan yang matang. Dalam hal shooting, editing, scripting dan yang lainnya. Maka akan memakan waktu yang lumayan lama ditambah apabila membutuhkan bantuan beberapa orang maka akan sulit untuk mengatur jadwal dan waktu setiap youtuber. Beberapa youtuber pun tidak full time sebagai pembuat video kreatif di youtube. Banyak yang membuat konten video youtube sebagai pekerjaan sampingan atau bahkan hanya hobi. 

1.2 Analisis Masalah  

Vlog bisa menjadi hiburan alternatif yang lebih mudah diakses bahkan dibuat. Karena vlog bisa dibuat hanya menggunakan kamera yang sederhana dan editing video yang sederhana. Beberapa konten vlog bisa menarik karena biasanya youtuber yang memiliki vlog memiliki kegiatan yang unik atau menyenangkan dalam kesehariannya. Jadi penonton bisa merasa tertarik dan mengetahui pengalaman sang vlogger (pembuat vlog) dan bahkan terkadang penonton merasa seperti menonton kegiatan nya sendiri karena beberapa kesamaan yang pasti ada pada sebuah konten vlog akan menjadi menyenangkan. Jadi secara umum vlog bisa memberikan hiburan sederhana dan dapat dinikmati secara luas oleh semua orang. 

Bukan hanya dalam hal menhibur, vlog juga bisa memberikan kita penonton akses terhadap pengetahuan. Beberapa vlogger secara sengaja atau tidak disengaja pasti memberikan pengetahuan secara umum kepada para penonton. Pengetahuan bisa datang dari opini sang vlogger terhadap sesuatu, Pengalaman yang dilalui oleh sang vlogger, tips dan trik yang dibagikan secara spontan oleh vlogger dan terkadang memang ada bahasan khusus yang dibuat khusus untuk konten vlog namun dibuat secara sederhana atau santai. 

Vlog di indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat sampai tahun ini. Banyak youtubers yang biasa memiliki konten dan viewers yang banyak masuk dalam ranah vlog. Jadi otomatis semakin banyak pula vlog yang berkualitas. Namun tidak hanya youtubers saja yang memiliki vlogger banyak orang yang tidak berlatar belakang youtube atau bukan youtube sebelumnya memiliki vlog dengan konten yang menarik yang biasanya adlaah seorang entertainer, artis, aktor, aktris, sosialita dan lainnya. 

Bab II Isi dan Pembahasan 

1.3 Kesimpulan 
Jadi pada perkembangan Internet di indonesia yang semakin meningkat, maka konsumsi hiburan non tv seperti youtube akan mengalami perkembangan juga. Oleh karena itu konten yang ada di youtube akan bertambah salah satunya yang paling sederhana namun menarik adalah Vlog. Jadi Vlog sangat bisa menjadi alternatif hiburan dan pengetahuan yang akan terus berkembang dan bertambah banyak karena menghadirkan keuntungan kepada kedua pihak (vlogger dan youtuber). 


vlog mistakes
www.wochit.com
tarproductions.com

wearesocial-2016-indonesia-215
we are social. 

Daftar Pusaka 

Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Medan,2014, Buku kumpulan LKTI 2014
https://www.techinasia.com/indonesia-web-mobile-statistics-we-are-social
https://www.youtube.com/yt/press/id/statistics.html
http://www.smartinsights.com/social-media-marketing/social-media-strategy/new-global-social-media-research/attachment/2015-social-network-popularity-by-country/
https://rajayoutube.files.wordpress.com/2016/01/statistik-grafik-pertumbuhan-youtube-di-indonesia.jpg
https://www.youtube.com/results?sp=CAM%253D&q=vlog+indonesia
https://www.youtube.com/results?q=vlog&sp=CAMSAhAB
http://www.wikihow.com/Be-a-Vlogger
https://www.youtube.com/yt/policyandsafety/policy.html
Next PostNewer Posts Previous PostOlder Posts Home