1. Analisis Media Sosial dan Aktifitas Terbanyaknya
Seiring perkembangannya, media sosial mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup signifikan. Saat ini beberapa aplikasi dan website berlomba-lomba mengembangkan media sosial sehingga media sosial sudah tidak bisa lagi dikotakkan menjadi suatu kategori. Beberapa media sosial yang akan saya sebutkan dan analisis di bawah ini bukan berdasarkan kategori “sosial media”, namun berdasarkan platform nya sendiri yang digunakan sebagai media sosial.
A. Twitter
Twitter merupakan salah satu media sosial yang populer dan banyak digunakan oleh pengguna internet. Dengan metode Micro-Blogging yang dimilikinya, maka pengguna hanya bisa menggunakan 140 karakter. Seiring perkembangannya Twitter pun sudah dapat melakukan Tweet (Posting konten di Twitter, bisa berupa teks, gambar, dan video). Dengan akses yang publik atau terbuka, maka pengguna twitter dapat follow (mengikuti atau berteman atau berlangganan konten) pengguna lain jika mengetahui username nya. Twitter pun sering digunakan sebagai media komunikasi antara pengguna yang verified (terverifikasi atau resmi, biasanya bisa berupa artis, public figure, korporat, pemerintahan dll) dengan pengguna biasa. Media sosial ini pun dapat berinteraksi secara personal atau private melalui fitur DM (Direct Massage) untuk mengirimkan pesan secara pribadi dan pribadi. Setiap konten atau topik yang ada di Twitter dapat menyebar luas dan mendunia dengan adanya penggunaan #(hashtag) dan konsep trending topic (Bisa lokal dan bisa juga dunia). Maka Twitter adalah salah satu media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk menjaring sebanyak banyaknya orang, topik dan konten secara singat, padat dan cepat.
B. Facebook
Media sosial yang satu ini adalah salah satu penggagas konsep media sosial secara umum dan paling banyak digunakan. Seiring berjalannya waktu, facebook memiliki perkembangan-perkembangan yang cukup signifikan dibanding dengan versi pertamanya. Status, Like, Comment, Add, Tag adalah beberapa istilah fitur-fitur yang ada facebook dan menjadi sangat familiar karena banyaknya penggunanya. Fitur utama media sosial ini adalah menghubungkan pengguna dengan pengguna lain dengan berbagai tujuan. Pada awalnya facebook ini menjadi platform bagi pengguna untuk mencari teman lama, berkomunikasi dengan keluarga, kolega, atau bahkan orang sepemikiran. Melalui media sosial ini, perngguna bisa berkumpul dalam satu group dan juga bisa menyukai page (halaman, berisi informasi resmi dan biasanya terverifikasi biasanya digunakan oleh artis, komunitas, korporat dll). Tidak hanya sebagai media bersosialisasi, facebook juga menyediakan Games atau permainan yang dapat dimainkan secara online dengan teman facebook pengguna.
C. Instagram
Instagram adalah salah satu sosial media yang pada awalnya mengkhususkan fiturnya dengan media foto. Namun seiring perkembangannya sosial media ini juga mendukung penggunaan video dan Gif (Format file untuk video pendek yang biasanya loop atau berulang). Secara umum konsepnya mirip dengan Twitter namun berbeda konten dan media. Instagram sering digunakan sebagai portofolio pribadi untuk berbagi pengalaman dan media berekspresi melalui media foto dan video. Pada prakteknya sosial media ini sering digunakan untuk bisnis dan keperluan keperluan lain yang melibatkan foto dan video. Fitur yang ada sangat memudahkan akses bersosial melalui media foto dan vide seperti komentar, menyukai, membagikan, DM, dan bahkan explore (algoritma instagram untuk menjelajahi foto dan video yang pengguna sukai atau bahkan yang berhubungan dengan pengguna). Media sosial ini sangat cocok untuk pengguna yang biasa berekspresi melalui visual. Perkembangan terbaru dari instagram adalah fitur instagram story yang banyak diakui mirip dengan konsep snapchat yaitu foto atau video yang biasanya berdurasi tertentu dan hanya akan bertahan dalam waktu 24 jam dan kemudian hilang atau bisa juga disimpan ke perangkat hp dan bisa diposting menjadi posting foto biasa.
D. Kaskus
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saya tidak hanya membahas situs atau aplikasi yang dikategorikan “Sosial Media” namun juga yang memang dalam prakteknya digunakan sebagai media sosial. Kaskus pada awalnya adalah sebuah situs forum biasanya untuk membahas sebuah topik-topik tertentu. Kaskus sangat banyak digunakan pengguna untuk berpendapat atau bersosialisasi antar Pengguna. Seiring berkembangnya forum kaskus banyak istilah-istilah yang tercipta sebagai gaya komunikai antar pengguna seperti agan, sundul, cendol, up, bata, pertamax dll. Fitur utama kaskus ada Threat (Adalah sebuah halaman berisi topik pembahasan tertentu) yang dikategorisasikan secara rapih. Dalam suatu page seseorang bisa membahas, berkomentar atau bahkan memberikan rating untuk kepentingan reputasi dengan berbagai media (bisa foto, video, link dll). Kaskus juga memberikan fitur PM (Private Massage) untuk media komunikasi secara pribadi antar penguna. Kaskus juga memiliki fitur FJB (Forum Jual Beli) yaitu e-commerce dengan konsep forum. Maka kaskus secara umum memiliki syarat sebagai media sosial karena fitur-fitur yang mampu mendukung pengguna berkomuniasi sosial.
E. Line
Line adalah salah satu aplikasi personal chatting yang populer digunakan. Pada awalnya line adalah aplikasi chat yang memiliki fitur unggulan Sticker (Emoji berupa karakter yang bebepa bisa bergerak). Namun seiring perkembangannya, Line meluncurkan sosial media. Dengan konsep timeline, pengguna dapat membanggikan text, gambar dan video antar pengguna lainnya. Aplikasi chat ini juga mendukung video chat bahkan group video. Line memiliki sistem coin untuk transaksi pada pembelian sticker dan theme (tema). Dengan fitur-fitur yang menarik tersebut membuat line menjadi aplikasi yang banyak digunakan oleh kaum anak muda.
2. Komunitas Pada Media Sosial
Media sosial seiring perkembangannya, semakin pendukung interaksi antar pengguna dalam sebuah komunitas. Fitur-fitur yang tersedia pada beberapa sosial media sangat mendukung penggunanya dalam membentuk sebuah komunitas yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa komunitas yang terbentuk melalui media sosial.
A. Komunitas Twitter.
Meledaknya pengguna Twitter mempengaruhi banyaknya juga terbentuk komunitas-komunitas. Twitter menjadi platform yang mendukung penggunanya untuk berkomunitas melalui suatu akun tertentu, Terdapat banyak contoh komunitas yang tercipta melalui media sosial twitter, beberapa contohnya adalah komunitas pengguna KRL, mereka menggunakan twitter sebagai media berinteraksi antar pengguna lain sehingga dapat bertukar informasi seputar KRL dengan cepat.
B. Komunitas Facebook.
Beragamnya pengguna facebook dapat dimanfaatkan dengan dibentuk nya komunitas-komunitas yang memiliki tujuan yang sama. salah satu contohnya adalah komunitas developer android. Komunitas ini berkumpul melalui fitur group pada facebook kemudian menggunakannya sebagai media tanya-jawan, informasi, dan dokumentasi.
C. Instagram
Instagram sebagai salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh orang-orang penting dan artis menimbulkan banyaknya penggemar yang bisa mendapatkan akses informasi (berupa foto dan video) artis idola mereka dengan mudah. Maka suatu komunitas penggemar seorang artis menjadi salah satu komunitas yang paling banyak dimanfaatkan melalui media sosial Instagram.
D. Kaskus
Kaskus sebagai forum mungkin akan dikatakan sebagai komunitas juga, namun dalam prakteknya di dalam forum kaskus terdapat berbagai macam komunitas yang menaungi hobby, kesukaan, kesamaan dan berbagai hal lainnya. Salah satu komunitas yang terbentuk adalah komunitas regional. Komunitas ini berjalan karena adanya solidaritas yang terbentuk antar sesama kaskuser (Pengguna Kaskus) yang memiliki daerah tempat tinggal yang sama. Dan komunitas ini pun terbentuk untuk membantu informasi dan hal-hal lain antar sesama kaskuser terlebih terhadap kaskuser yang sama-sama merantau di luar negeri,
E. Line
Aplikasi chat yang sedang marak digunakan ini adalah salah satu platform yang sedang berkembang khususnya di Indonesia. Karena semakin banyaknya pengguna, maka meningkatkan interaksi secara jamak dan otomatis meningkatkan kebutuhan bersosialisasi dalam bentuk group. Group adalah salah satu fitur yang digunakan dalam berkomunitas di aplikasi line. Dari banyaknya group yang ada, adalah komunitas hobby suatu daerah atau kota misalnya adalah komunitas fotografi depok. Komunitas ini berinteraksi satu sama lain melalui fitur-fitur yang ada di aplikasi line, salah satunya adalah untuk bertukat pendapat, pikiran, tips, dan bahkan mengorganisir pertemuan.
2. Dampak Positif & Negatif Komunitas Media Sosial
Terlepas dari kemudahan penggunaannya, Ternyata komunitas pada media sosial dapat menimbulkan dampak yang negatif juga. Maka dari itu berikut inilah dampak positif dan negatif penggunaan sosial media pada komunitas.A. Dampak Positif +
Sosial media pada praktiknya telah memberikan dampak-dampak positif yang sangat berpengaruh dalam berjalannya kegiatan sebuah komunitas.
- Mempermudah pengaksesan informasi komunitas
- Menjangkau lebih banyak anggota komunitas
- Mempermudah berjalannya kegiatan komunitas
- Mengurangi biaya pertemuan jika sosial media bisa mempermudah kegiatan tertentu.
B. Dampak Negatif -
Penggunaan media sosial pada komunitas tidak lepas dari dampak negatif yang menyebabkan kerugian-kerugian tertentu.
- Kemudahan berpendapat dapat membuat persilangan pendapat menjadi konflik
- Berbedanya pengalaman berkomunikasi melalui sosial media dan langsung terkadang dapat berbeda sehingga bisa mengakibatkan kesalapahaman dan berujung konflik
- Kemudahan-kemudahannya dapat membuka peluang bagi oknum yang tidak bertanggung jawab
- Kuantitas anggota meningkat maka kualitas pun terkadang menurun
4. Illustrasi Populer Media Sosial pada Komunitas
Berikut ini adalah beberapa illustrasi tentang komunitas pada sosial media yang sempat populer di masyarakat dan semakin menyorot perkembangan penggunaan sosial media dalam berkomunitas.
- Komunitas Facebook pengguna "Pantsuit" pendukung calon presiden Amerika Serikat Hillary Clinton (Sumber : Vox)
- Kaskus Gelar Festival Market dan Komunitas Offline Pertama (Sumber : Liputan6)
- Dilihat 9 Juta Pembaca, Kaskus Terbitkan Novel Horor (Sumber : Dream.co.id)
- Pakai Kekuatan Internet, Pria Ini Temukan Kembali Mobil yang Hilang (Sumber; Kompas)